Saturday, August 12, 2017

Bentuk-Bentuk Akhlak terpuji dalam Pergaulan Remaja

Bentuk Akhlak Terpuji dalam Pergaulan Remaja
Bentuk Akhlak Terpuji
Bnetuk Akhlak Terpuji

a.Ta'aruf dan Tafahum

Ta'aruf dalam bahasa Arab,berarti saling mengenal,saling mengetahui,sedangkan Tafahum,artinya saling memahami keadaan satu dengan lainya.
Ta'aruf dan Tafahum yaitu,mengenal dan memahami pribadi remaja yang lain,agar terjalin hubungan baik,dengan saling mengenal dan memahami,akan membuat hubungan antar sesama manusia semakin akrab dan harmonis,karena masing-masing saling menyayangi,dan pengertian terhadap sesama,Dengan saling mengenal juga akan menjauhkan kita dari rasa curiga dan prasangka,serta menjauhkan kita dari permusuhan.Hal tersebut telah di jelaskan Allah SWT.melalui firman-Nya,dalam surah Al-Hujurat ayat 13,sebagai berikut.

"Hai Manusia,sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan,dan kami jadikan semuanya berbangsa-bangsa dan bersuku-suku,supaya kamu saling mengenal.sessungguhnya,orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah adalah,orang yang paling bertaqwa di antara kamu,sesunggunhya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal".[Q.S.Al-Hujurat : 13 ].

b.Ta'awun dan Tasamuh

Ta'awun dalam bahasa arab berarti saling menolong.dalam arti yang lebih luas,ta'awun adalah perbuatan saling tolong -menolong antar sesama manusia,sebagai wujud dari ketergantungan antar sesama manusia.sedangkan Tasamuh,secara bahasa berarti toleransi,tenggang rasa ataupun saling menghargai.secara istilah,tasamuh adalah suatu sikap yang senantiasa saling menhargai antassesama manusia.

Allah SWT berfirman :

"...... Dan tolong Menolonglah kamu dalam mengerjakan kebaikan dan taqwa,dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran.Bertaqwalah kepada Allah SWT sesungguhna siksa Allah sangatlah pedih."[Q.S. Al-Maidah :2].

c.Jujur dan Adil

jujr adalah,benar dalam segala ucapan,perbuatan,maupan iktikad,Mengucapkan sesuatu,Mengerjakan suatu hal,dan menetapkan maksud,harus di landasi dengan kebenaran.sedangkan adil,dalam bahasa arab berarti sama.
Allah SWT memerintahkan hamba-Nya untuk berbuat adil,sebagaimana di jelaskan dalam firman-Nya.

"sesungguhnya Allah memerintahkan berlaku adil dan berbuat kebaikan...."[Q.S An Nahl :90].

dalam hal kejujuran,Rasulullah saw.bersabda :"Tinggalkanlah sesuatu yang membuatmu ragu-ragu,menuju sesuatu yang tidak mambuatmu ragu-ragu.Maka sesungguhnya,jujur itu adalah ketenangan.dan sesungguhnya,bohong adalah keraguan".[H.R. Al-Hakim].

d. Amanah dan Menepati Janji

Amanah artinya dapat di percaya.Amanah bidsa di artikan dengan kepercayaan.Orang yang bersifat amanah berbuat sebagaimana seharusnya,sebagai wujud kesdaran akan kewajiban dan tanggung jawabnya.Sementara yang di maksud menepati janji adalah,memenuhi apa yang telah di ikrarkan,atau berbuat sesuatu dengan janji yang telah di ucapkan.sebagimana di jelaskan dalam firman Allah swt.berikut ini.

"Sesungguhnya Allah memerintahkan kepada kamu,untuk menyampaikan amanat itu kepada yang berhak...".[Q.S An-Nisa :58].

Allah SWT juga berfirman,

"Hai orang-orang yang beriman,penuhilah janji-janjimu..."[Q.S Al Maidah :1].

nah demikianlah info mengenai Bentuk-bentuk Akhlak terpuji dalam pergaulan Remaja,supaya bisa bermanfaat dan terima kasih






No comments:

Post a Comment

terima kasih sudah membaca blog saya,sakarang tinggalkan komentar